TIPS TANAM SAYURAN DENGAN METODE HIDROPONIK DI RUANGAN TERTUTUP


 2020-07-16 |  Kecamatan Gondang

Hai SobaTani, daripada bingung aja di rumah, budidaya tanaman metode hidroponik sangat cocok dilakukan di masa pandemi seperti ini, apalagi bagi kita tidak memiliki lahan dan tanah yang cukup untuk bercocok tanam.

Metode ini bisa dilakukan di dalam rumah. Kamu bisa menanam sayuran seperti kangkung, sawi, selada, dan sayuran hijau lainnya loh. Nah, berikut tips yang harus diperhatikan dalam menanam sayuran dengan metode hidroponik.

  1. Layaknya tumbuhan pada umumnya, tanaman hidroponik membutuhkan nutrisi layaknya pupuk pada tanah. Air yang akan diberi nutrisi berupa vitamin pada tanaman hidroponik. Vitamin untuk air bisa bermacam – macam. Salah satunya nutrisi alami berupa air rendaman beras,olahan dari kencing kelinci, dan rendaman kulit pisang.
  2.  Selain vitamin, tanaman hidroponik pun membutuhkan angin yang akan membawa oksigen. Kamu bisa menaruh tanaman dekat ventilasi atau jendela. Pastikan tanaman mendapat banyak oksigen agar tumbuh maksimal.
  3. Selanjutnya, berikan ruang pada tanaman agar bisa menerima sinar matahari. Sinar matahari juga menjadi sumber energy bagi tumbuhan, karena merupakan kebutuhan pokok untuk melakukan fotosintesis. Jika ruangan tidak memiliki sudut yang terpapar sinar matahari, bisa gunakan lampu grow light atau lampu sinar matahari.
  4. Peralatan hidroponik bisa dibeli lewat took online, itu sudah lengkap. Jika ingin membuat alat dengan botol bekas, siapkan 1 botol plastic bekas lengkap dengan tutupnya, cutter atau gunting, kain flannel, alat untuk melubangi seperti solder atau paku yang dipanaskan dan air nutrisi atau pupuknya.

    #PertanianIndonesiaMaju
    #panganuntukn
    #LawanCorona

Sumber : https://www.instagram.com/p/CCqXkSnH2e9/?utm_source=ig_web_copy_link