Prosedur Kurban Dalam Adaptasi Kebiasaan Baru.


 2020-07-29 |  Kecamatan Gondang

Dalam mencegah penyebaran virus corona, Idul Adha tahun ini yang jatuh pada 31 Juli 2020 dilaksanakan sedikit berbeda dengan adanya protokol kesehatan dan prosedur kurban saat masa new normal.

Seluruh aktivitas jual beli hewan kurban diharapkan dan diupayakan menggunakan transaksi online untuk meminimalisir kontak langsung antar pembeli dan pedagang.
Sementara di tempat penjualan hewan kurban diwajibkan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, sarung tangan, jaga jarak, cuci tangan pakai sabun, dan mengukur suhu tubuh.

Prosedur kurban di masa new normal lainnya adalah saat pemotongan hewan. Masyarakat dihimbau untuk tidak berkerumun dan menyaksikan prosesnya secara langsung. Daging yang telah dipotong dibagikan kepada yang berhak atau diantarkan ke rumah oleh petugas.
Petugas pemotongan hewan kurban diwajibkan menggunakan baju lengan panjang, menggunakan face shield dan masker, serta cuci tangan pakai sabun. Selesai melakukan pemotongan segera mandi dan merendam baju dengan deterjen.

Pembagian daging kurban didistribusikan langsung dari pihak penyelenggara ke orang yang berhak menerimanya. Hal tersebut agar tidak menimbulkan antrean dan kerumunan saat pembagian daging kurban. Jadi, diharapkan tidak lagi menggunakan sistem kupon.

Selamat menjalankan Ibadah Hari Raya Kurban.
Semoga pandemic ini tidak mengurangi khitmad kita dalam menjalani Ibadah Kurban.

SUMBER : DINAS KOMINFO NGANJUK