Mas Novi Resmikan Pos Damkar di Kecamatan Lengkong


 2020-08-18 |  Kecamatan Gondang

Bertempat di Pendopo Kecamatan Lengkong, Kabupaten Nganjuk telah diresmikan Pos Pantau Pemadam Kebakaran wilayah Nganjuk Utara, Selasa (18 Agustus 2020).


Pos Pemadam Kebakaran tersebut difungsikan untuk meningkatkan waktu tanggap apabila terjadi musibah kebakaran dan mampu ditanggulangi secepat mungkin. Oleh karena itu keberadaan pos pantau pemadam di Kecamatan Lengkong sangat dibutuhkan untuk mempercepat penanganan.


Pos Pantau Pemadam Kebakaran diresmikan secara langsung oleh Bupati Nganjuk H. Novi Rahman Hidhayat, S.Sos, MM bersama Kepala Satpol-PP Nganjuk Drs. Abdul Wachid, Sekretaris Daerah Nganjuk Drs. Mokhamad Yasin,M.Si, Kepala OPD, Forkopimcam Lengkong dan Kepala Desa se-Kecamatan Lengkong.


Peresmian ditandai dengan pemotongan tumpeng dan pemecahan kendi, dalam kesempatan tersebut Bupati ikut menyaksikan simulasi pemadaman dan atraksi dari petugas pemadam kebakaran.


Dalam sambutannya, Bupati Novi menyampaikan, penunjukan pos pantau pemadam kebakaran di Kecamatan lengkong sangatlah strategis, karena letaknya yang dekat dengan kawasan industri nganjuk (KING), permukiman, dan perhutanan.


“Dengan mengucap rasa syukur maka pos pemadam kebakaran saya nyatakan resmi dibuka untuk kita semuanya. Kepada Forkopimcam Lengkong, tolong jaga situasi kondisi wilayah agar tetap aman dan kondusif, “ Ujar Mas Novi, sapaan Bupati Nganjuk. 


Lebih lanjut Mas Novi menjelaskan bahwa Kecamatan Lengkong, termasuk dalam 4 kecamatan yang masuk peta Kawasan Industri Nganjuk (KING), yaitu : Jatikalen, Patianrowo,Dan Rejoso.
“Oleh karena itu dengan adanya Pos Pantau Pemadam Kebakaran ini, dapat menciptakan keamanan  di kawasan KING. Karena KING masuk dalam Perpres, dimana investasi yang masuk di Kabupaten Nganjuk sebesar Rp. 14 triliun, “tambahnya. 


Pada kesempatan yang sama, Kepala Satpol-PP Kabupaten Nganjuk Abdul Wachid melaporkan, adanya pos pantau damkar tersebut diharapkan dapat meminimalisir pencegahan dan penanggulangan kebakaran di wilayah Kecamatan Lengkong.


“Dengan keberadaan damkar ini memungkinkan respons cepat penanganan jika terjadi kebakaran di Kabupaten Nganjuk, paling lama 15 menit permasalahan bisa cepat tertangani, “tambahnya.


Sementara itu, Camat Lengkong Drs. Sarwo Widodo, mengucapkan terimakasih ditunjuknya Kecamatan Lengkong menjadi lokasi pos pantau kebakaran. “Semoga masyarakat di wilayah lengkong dan sekitarnya selalu aman dan tidak terjadi musibah kebakaran, “ pungkas Sarwo Widodo.

(diskominfo, humaskabnganjuk)

Sumber :

https://www.nganjukkab.go.id/beranda/berita/detail-berita/369/Mas-Novi-Resmikan-Pos-Damkar-di-Kecamatan-Lengkong