MONITORING EVALUASI PELAKSANAAN PEMERINTAHAN DI DESA SUMBERAGUNG KECAMATAN GONDANG


 2020-08-19 |  Kecamatan Gondang

GONDANG - Kegiatan monitoring sangat dibutuhkan oleh Pemerintah Desa sebagai bahan evaluasi menuju perbaikan-perbaikan kinerja kedepannya.Hal ini dilakukan oleh tim dari Kecamatan Gondang yang turun langsung ke desa – desa.

Dipimpin langsung oleh Ida Shobihatin, AP, M.Si. Camat Gondang, dan didampingi Kasi Pemberdayaan Masyarakat, Kasi Kesejahteraan Masyarakat, Kasi Sarana dan Prasarana dan Kasi Ketentraman & Ketertiban. 

Kegiatan tersebut diawali dengan apel pagi untuk desa yang mendapat jam pertama, dilanjutkan dengan pengarahan umum terlebih dahulu oleh Camat Gondang. Kemudian dilakukan pengecekkan untuk masing – masing bidang diantaranya Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Bidang Kemasyarakatan, Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa, dan Bidang Pemberdayaan Masyarakat. Dan untuk desa di jam kedua, diakhiri dengan sholat dhuhur berjamaah.

Beberapa berkas yang harus disiapkan oleh desa adalah sebagai berikut :

1. Buku Keuangan Desa

2. Buku Administrasi Desa

3. Daftar Kegiatan Sarpras beserta LPJ

4. Buku Administrasi BPD

5. Buku Administrasi BUMDesa

“ Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui  perkembangan kegiatan yang telah dilaksanakan dan belum dilaksanakan oleh pemerintahan Desa se Kecamatan Gondang. “ Ujar Ida Shobihatin.

Monitoring dilakukan sebagai bentuk tindak lanjut dari kegiatan pembinaan administrasi pemerintahan desa yang telah dilaksanakan rutin diawal tahun. Disamping itu, monitoring dimaksudkan untuk mengetahui perkembangan kinerja penyelenggaraan pemerintahan pada aspek perencanaan dan pelaksanaan kegiatan desa, organisasi kelembagaan pemerintahan desa, evaluasi serta pelaporan.