Lawan Virus Corona dengan Mengkonsumsi Rempah-rempah | GONDANG BAIK – BAIK SAJA


 2020-03-20 |  Kecamatan Gondang

Rempah-rempah tradisional cukup ampuh menjaga daya tahan tubuh, dan menjadi salah stau solusi melawan wabah virus corona (Covid-19) yang semakin agresif.

Pemerintah melalui Kementrian Kesehatan terus mengimbau seluruh warga negara Indonesia untuk tetap tenang dan tidak panik.

Kita sebenarnya tidak usah terlalu panik, kita hanya perlu menjaga kebersihan dan menjaga daya tahan tubuh kita sendiri. Yang sebaiknya kita lakukan adalah dengan sering mencuci tangan, membersihkan benda-benda yang sering dipakai, dan menghindari kontak langsung dengan orang yang sakit, istirahat yang cukup, serta memenuhi asupan gizi yang seimbang melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh atau imunitas adalah dengan menjaga asupan makanan maupun minuman yang bergizi dan bermanfaat untuk tubuh.

Berikut ini adalah beberapa rempah yang bisa kita manfaatkan untuk menjaga daya tahan tubuh yaitu :

1. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu rempah yang memiliki warna kuning yang khas. Rempah satu ini memiliki manfaat sebagai bumbu dapur, bahan pewarna kuning alami juga bahan ramuan jamu.

Menurut Profesor Amir Soebandrio, Direktur Lembaga Biologi Molekuler Ejikman, kandungan kurkumin pada kunyit secara umum bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

“Karena ada beberapa kajian bahwa kurkumin punya efek misalnya menurunkan peradangan, ada yang menyebut efek antioksidan, yang berguna untuk meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh.”

2. Jahe

Jahe bisa Anda manfaatkan untuk menjaga daya tahan tubuh.

“Senyawa gingerin pada jahe bisa untuk antiinflamasi atau radang flu, demikian juga beberapa antioksidan pada rempah untuk imunitas tubuh,” kata Profesor Dodik Briawan, ahli gizi masyarakat IPB.

3. Temulawak

Temulawak juga mengandung kurkumin yang memberikan warna kuning pada rempah ini. Konsumsi temulawak pun diyakini bisa menyehatkan sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh

Anda tentu masih ingat resep jamu ala Presiden Jokowi. Resepnya sederhana, yaitu cukup merebus temulawak, kunyit dan jahe. Selain menjaga daya tahan tubuh, temulawak juga mampu melindungi organ hati.

4. Kayu Manis

Kayu manis mempunyai aroma yang khas, sehingga banyak dimanfaatkan sebagai campuran masakan maupun kudapan. Kayu manis banyak mengandung kalsium, serat, vitamin B6, magnesium, zat besi, vitamin A, karbohidrat dan vitamin C.

Kayu manis juga dikenal kaya akan antioksidan, antimikroba dan antiimflamasi sehingga rempah ini bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Jenis rempah ini biasa dikonsumsi dalam bentuk serbuk sebagai campuran minuman atau makanan. Kayu manis utuh pun bisa dimanfaatkan sebagai campuran pada rebusan jamu.

5. Sereh

Daun sereh berkaitan dengan kesehatan. Daun yang kerap dijadikan pelengkap bumbu masakan ini mengandung vitamin B, magnesium, kalium dan zat besi.

Sereh bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan antioksidannya berperan melawan radikal bebas. Sereh memiliki beberapa jenis antioksidan seperti asam klorogenat, isoorientin, dan swertia japonin.

Sumber : https://langgam.id/