PROMKES KELILING KECAMATAN GONDANG CEGAH COVID19 | GONDANG BAIK – BAIK SAJA


 2020-04-03 |  Kecamatan Gondang

GONDANG - Mengantisipasi dan memutus rantai penyebaran Virus Corona atau COVID-19, FORPIMCAM Kecamatan Gondang, terus lakukan sosialisasi atau Promosi Kesehatan (Promkes) di lingkungan wilayah Kecamatan Gondang, Jumat (03/04/2020).

Dalam kegiatan promkes yang dijadwalkan memasuki desa-desa keseluruhan di wilayah Kecamatan Gondang.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Ida Shobihatin, AP,M.Si. Camat Gondang, Danramil Gondang, Kapolsek Gondang, Anggota Puskesmas Gondang, dan Perwakilan dari Kecamatan Gondang.

Tujuan dari promkses tersebut adalah menghimbau terkait pencegahan penyebaran dan penularan virus corona melalui pola hidup sehat.

Diantara cara pencegahan virus corona, adalah seperti sering mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir selama 15 detik sampai 20 detik atau dengan antiseptik berbahan alkohol. Kemudian menggunakan penutup mulut serta hidung, saat batuk atau bersin.

Jika menggunakan tisu ketika batuk atau bersin sebaiknya tisu langsung dibuang ke tempat sampah sebagai satu diantara antisipasi atau cara untuk menghindari dan mencegah penularan yang memang bisa saja terjadi.

Tim Promkes juga mensosialisasikan beberapa gejala klinis sebagai terjangkit virus corona. Di antaranya demam, batuk, sesak napas, pada kasus yang parah infeksi dapat menyebabkan kesulitan bernapas.

Termasuk juga sosialisasikan 6 langkah cuci tangan yang benar. Basahi tangan dengan air kemudian pakai sabun secukupnya, gosok telapak tangan bersamaan, gosok jemari dan sela-sela jari di balik telapak tangan, gosok jempol anda dengan gerakan memutar, bersihkan telapak tangan dengan kuku, cuci dengan air bersih dan yang ke enam, keringkan dengan handuk atau tisu atau pengering.

Ida Shobihatin juga menghimbau kepada warga wilayah Kecamatan Gondang  agar selalu waspada dan jangan panik tentang wabah Covid 19.

Gunakan masker dan hand sanitizer jika keluar rumah, serta patuhi aturan Pemerintah tentang Sosial Distancing ( Jaga Jarak ).

Semoga kita diberi kesehatan dan selalu dalam lindungan Allah Swt. Aamiin.