CAMAT GONDANG WAJIBKAN DESA BENTUK POSKO CEGAH COVID-19 | GONDANG BAIK – BAIK SAJA


 2020-04-06 |  Kecamatan Gondang

GONDANG – Terciptanya tata kelola desa dalam pencegahan dan penanganan Covid-19 sesuai Surat Edaran Menteri Desa, PDT, dan Transmigrasi Nomor 8 Tahun 2020 tanggal 24 Maret 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa (PKTD), Camat Gondang adakan Rapat Koordinasi dengan Perangkat Desa.

Rapat ini berlangsung di Pendopo Kecamatan Gondang dengan mengundang seluruh Kepala Desa dan Sekretaris Desa se Kecamatan Gondang, Tim Bina Desa se Kecamatan Gondang dan juga Pendamping Desa pada Hari Senin, 06 April 2020. Dipimpin langsung oleh Ida Shobihatin, AP, M.Si. selaku Camat Gondang dan di dampingi oleh Sekretaris Camat Gondang, Kapolsek Gondang, Koramil Gondang, dan Puskesmas Gondang.

Ida Shobihatin menegaskan, bahwa setelah terbentuknya Posko di masing masing desa. Dibentuknya Posko agar melibatkan Bidan, Kader, RT/RW, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda serta organisasi kemasyarakatan dan LPM masing-masing Desa yang dipimpin oleh Kepala Desa dengan melibatkan 3 (tiga) pilar.

Diharapkan juga Desa segera membentuk Tim Relawan Desa Lawan Covid19. Dengan adanya Relawan Desa ini, langkah-langkah pencegahan dan penanganan Covid-19 di desa berjalan secara efektif yang mana Pelaksana Protokol ini adalah Relawan Desa Lawan Covid-19.

“Akan dibuatkan juga Rumah Singgah atau Ruang Isolasi bagi Perantau yang datang ke Desa. Nanti diruangan tersebut akan disediakan tempat tidur,  masker, hand sanitizer, tempat cuci tangan dan lainnya. Ini juga merupakan tugas utama Tim Relawan Desa untuk menyiapkan semuanya.”, tuturnya.