KUNJUNGAN TIM SATGAS COVID19 NGANJUK DI POS SIAGA COVID19 KECAMATAN GONDANG | GONDANG BAIK-BAIK SAJA


 2020-04-22 |  Kecamatan Gondang

GONDANG – Upaya pencegahan terhadap penyebaran Virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Nganjuk terus dilakukan, Wakil Bupati Nganjuk bersama FORPIMDA lakukan kunjungan di Posko Siaga Penanganan Pencegahan Covid19 Kecamatan Gondang, pada hari Selasa (21/04/2020).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Dr. Drs. Marhaen Djumadi, SE. SH. MM. MBA. (Wakil Bupati Nganjuk), Asisten Pemerintahan Kabupaten Nganjuk, Kepala Dinas PMD Nganjuk, Kabid PPKB Nganjuk, Ka Kan Kesbangpol Kab. Nganjuk, Ida Shobihatin, AP, M.Si. Camat Gondang beserta FORPIMCAM, Ka Puskesmas beserta jajarannya, Kepala Desa se Kecamatan Gondang, dan Ketua BPD se Kecamatan Gondang.

Kegiatan tersebut dibuka dengan Pemberian Santunan kepada Anak Yatim Piatu dan Lansia yang tidak mampu oleh Kang Marhaen. 

Dilanjutkan  dengan pemberian bantuan paket disinfektan dan digital thermometer infrared non contact (Thermo gun) serta sembako kepada Desa dan masyarakat kurang mampu oleh FORPIMDA Kabupaten Nganjuk.

Dalam sambutannya , Camat Gondang menyampaikan Ucapan selamat datang di Kecamatan Gondang dimana dalam kegiatan ini perlu  dilaporkan bahwa di wilayah sesuai penekanan Bupati Nganjuk untuk tetap optimis dalam melaksanakan kegiatan pencegahan penyebaran Virus Covid 19 sehingga situasi wilayah tetap aman dan kondusif.

" Saya selaku Camat Gondang sangat bersinergi dalam mendukung Pemerintah Kabupaten Nganjuk, terbukti dengan adanya pembangunan posko penanganan penyebaran Covid-19 dan upaya masing-masing Forpimcam juga melaksanakan langkah pencegahan sesuai SOP, dengan melaksanakan penyemprotan disinfektan semoga warga Kec. Gondang yang terinfeksi Virus Covid-19 dapat sembuh sehingga dapat menjadi tolak ukur agar tidak berdampak kepada masyarakat.", jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kang Marhaen juga menyampaikan beberapa arahan , diantaranya :
1.  Bahwa salah satu dampak dari Covid19 berupa Kesehatan, konflik sosial, dan perekonomian maka kepada Pemerintahan Desa dan Kecamatan berikan informasi yang seimbang sehingga masyarakat mengetahui bahayanya virus Covid-19 ini.

2. Harapannya Warga Kec. Gondang bener-benar mengerti tentang Virus Covid-19 dan kepada Camat Gondang laksanakan himbauan tentang wajib memakai masker dan di depan Toko-toko dan rumah agar disediakan tempat cuci tangan dan menghimbau kepada masyarakat untuk mempedomani protokol sebelum masuk rumah dan 8 langkah pencegahan virus insyallah kita terhindar dari Virus Covid-19 dan selalu sehat.

3. Terkait fatwa MUI untuk sholat jum'at di tunda dulu sementara sampai situasi aman digantikan dengan sholat Dhuhur. Berikan  arahan/pengertian kepada takmir masjid dengan kekeluargaan dan di desa harus fahami karantina wilayah/lockdown atau PSBB. Kami perjuangkan jangan sampai hal itu terjadi di wilayah Kab. Nganjuk karena akan mempengaruhi perekonomian dan di desa tidak boleh ada pemblokiran jalan tetapi laksanakan patroli keamanan setiap hari dengan memberikan himbauan tentang Social distancing dan selalu menggunakan masker apabila keluar rumah.

4. Terkait PKH diwilayah Kab. Nganjuk agar Kades dan Canat mendata sesuai SE Bupati melalui Sekda dan nanti akan diteruskan ke dinas Sosial akan kami berikan bantuan berupa sembako sehingga masyarakat tidak resah dan kebutuhan dapat tercukupi akan kami upayakan semaksimal mungkin demi terwujudnya Nganjuk yang sehat.

5. Kami berharap kepada pemerintah kecamatan harus mempunyai langkah dalam menghadapi pemudik yang tidak menutup kemungkinan membawa virus selalu laksanakan koordinasi dengan instansi terkait guna mencegah terjadinya penyebaran virus diwilayah Kab. Nganjuk kemudian kepada Kades segera laksanakan petunjuk dari Pemda Kab. Nganjuk terkait perubahan APB Des guna mendukung operasional penanganan pencegahan penyebaran Virus Covid-19 diwilayah Kab. Nganjuk.