PROGRAM CATTINGE ABAH KOLIL DAN CATTINGE DE MINA | GONDANG BAIK – BAIK SAJA


 2020-07-01 |  Kecamatan Gondang

GONDANG – Mungkin ada yang belum tahu apa sih arti dari Program Cattinge Abah Kolil dan Cattinge De Mina ? Program tersebut merupakan salah satu program dari Pencegahan Stunting yang ada di Wilayah Kecamatan Gondang.

Kepanjangan dari Program Cattinge Abah Kolil dan Cattinge De Mina adalaha Program Cegah Stunting melalui Bank Sampah & Kolam Lele dan Cegah Stunting di Masa Pandemi Corona / Covid19.

Mengenai program tersebut, Ida Shobihatin AP,M.Si. selaku Camat Gondang mengadakan pertemuan di Pendopo Kecamatan Gondang, Rabu, 1 Juli 2020.

Hadir dalam pertemuan tersebut 5 Kepala Desa beserta Bidan Desa, antara lain  Kepala Desa Gondangkulon, Kepala Desa Ngujung, Kepala Desa Kedungglugu, Kepala Desa Balonggebang dan Kepala Desa Senjayan. Turut hadir juga dari Puskemas Gondang, Korwil Pertanian dan Pendidikan Wilayah Kecamatan Gondang.

Dalam kegiatan pertemua tersebut, Ida Shobihatin menyampaikan Tentang ceting e abah kolil juga bisa diterapkan di semua desa untuk mencegah dan mengurangi stunting di Wilayah Kecamatan Gondang. Di senjayan sudah melaksanakan  pencegahan tahap 2 yg dilaksanakan selama ada vovid - 19 yg dinamakan ceting e de mina, pencegahan stunting di era pandemi corona.

“Tujuannya adalah penataan lingkungan hidup agar dapat menunjang pengentasan stunting melalui  penyatuan koordinasi yang sinergis dan integrasi kegiatan dari seluruh sektor ( desa, kesehatan, pertanian dan pendidikan)”, tambahnya.

Sehingga kegiatan penataan lingkungan dan pencegahan stunting ditangani secara bersama sama dengan berbagai lintas sektor yang ada di Wilayah Kecamatan Gondang  agar efektif untuk menuntaskan tentang stunting.